Jumat, 23 Januari 2015

Mau Beli Rumah impian dengan KPR? Ini dia Strateginya

Mempunyai rumah sendiri tentu merupakan impian semua orang. Mimpi itu sendiri tentunya didukung oleh ketersediaan rumah dan pembiayaan yang mudah. Bukan hanya itu saja, selain dapat membayar dengan uang tunai (cash), Anda pun bisa membeli rumah impian dengan sistem Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jika melakukan pembayaran dengan sistem KPR, Anda dapat membeli rumah dengan budget lebih ringan, karena menggunakan metode cicilan. Anda juga dapat mengatur keuangan dengan lebih efektif dalam pengelolaan finansial. Apalagi saat ini, bank di Indonesia, baik milik negara maupun swasta , telah menyediakan layanan KPR dengan variasi ketentuan bunga yang berbeda.

 beberapa tips untuk Anda.


 

1. Menentukan harga rumah

Hal ini sangat penting untuk dilakukan sebelum Anda mencari rumah. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu harga rumah sesuai kemampuan sehingga memudahkan saat menentukan cicilan perbulan.

2. Mengenali ragam KPR yang ada

Setelah menentukan budget untuk membeli rumah, ada baiknya Anda mengenali beberapa jenis KPR yang ada. Ada KPR bersubsidi yang disediakan pemerintah untuk masyarakan kelas menengah kebawah, dan ada juga KPR Non-bersubsidi yang dapat digunakan untuk sseluruh lapisan masyarakat. Terakhir, KPR Syariah yang menggunakan prinsip akad murahabah (jual-beli).

3. Mulai Susun sumber KPR

Untuk mengetahui bunga terbaik, Anda bisa bertanya-tanya kepada beberapa bank yang ada. Kemudian, susunlah urutan bank dari yang memberikan bunga ringan hingga besar, mana yang memberikan suku bunga tetap atau bervariasi, serta keuntungan lainnya.  Hal ini dapat membantu Anda untuk mempertimbangkan penyedia KPR sesuai kemampuan Anda.  Jangan lupa, perhatikan pula peraturan tiap-tiap pemberi KPR.

4. Lakukanlah simulasi KPR

Kemudian, cobalah lakukan simulasi KPR agar Anda mengetahui berapa besar cicilan yang harus Anda bayar beserta dengan bunganya. Cari tahu pula suku bunga yang diberikan, apakah bunga tetap atau bunga mengambang. Hal ini dapat membantu Anda memprediksi cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

5. Pilih KPR yang Memudahkan bagi anda

Cermati dengan baik masing-masing pemberi KPR. Biasanya, Anda bisa mendapatkan dari bank yang memberikan promo bunga kecil pada tahun pertama dan kedua. Namun, pada tahun berikutnya, Anda akan membayar dengan bunga efektif sesuai suku bunga yang ditentukan. Pilih pihak yang dapat membantu Anda dengan cekatan dan informatif.


sumber : lamudi.indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar